Senin, 20 Januari 2014

Penulisan 2 Bulan ke 4

NAMA  : ARYANA KHAIRUNNISA
NPM     : 11110156
KELAS : 4KA24

Sumber
http://zafnatpaneyah.blogspot.com/2013/01/pengertian-telematika-e-government.html
http://arisvanniandani.blogspot.com/2012/10/pengertian-dan-contoh-telematika.html
http://elsmnru.blogspot.com/2013/10/penerapan-layanan-telematika-dalam.html
http://vdb-inception.blogspot.com/2013/01/pemanfaatan-telematika-teknologi.html


ISTILAH TELEMATIKA DALAM BEBERAPA BIDANG
Telematika merupakan sarana komunikasi jarak jauh melalui media elekromagnetik. Kemampuannya adalah mentransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap, dengan jangkauan seluruh dunia, dan dalam berbagai cara, yaitu dengan perantaan suara (telepon, musik), huruf, gambar dan data atau kombinasi-kombinasinya. Teknologi digital memungkinkan hal tersebut terjadi. Jasa telematika ada yang diselenggarakan untuk umum (online, internet), dan ada pula untuk keperluan kelompok tertentu atau dinas khusu (intranet).
Beberapa ilmu-ilmu yang mendasari telematika diantaranya seperti ilmu komunikasi, informasi, teknologi elektronik, teknologi multimedia, teknologi jaringan dan lain-lain. Saat ini telematika muncul sebagai bidang ilmu yang memfokuskan pada peningkatan interaksi di anatara manusia, berikut beberapa bidang–bidang yang menerapkan pemanfaatan telematika, yaitu:
1) Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology)


Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi. Salah satu contoh dari Teknologi Komunikasi dan Informatika ini adalah telepon genggam (handphone). Karena merupakan suatu sarana berkomunikasi dengan menggunakan media elektromagnetik untuk mengirimkan atau menerima suatu informasi dari satu pihak ke pihak yang lainnya.

2) Dalam Teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System)


GPS sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (Mobile Communication Technology). Global Positioning System adalah salah satu penerapan telematika di bidang transportasi. GPS memanfaatkan teknologi telematika untuk dapat berfungsi sebagai alat navigasi elektronik. Perangkat tersebut menggunakan satelit untuk memantau lokasi kendaraan Anda, sehingga dapat menuntun Anda ke tempat tujuan tanpa perlu tersesat.

3) Teknologi Penginderaan Jarak Jauh dalam Bidang Eksploitasi Sumber Daya Perikanan


Penginderaan jarak jauh dalam bidang eksploitasi sumber daya perikanan, pada saat ini beberapa satelit sedang beroperasi, misalnya Satelit SeaStar, Satelit TOPEX/Poseidion (Topograph Experiment for Ocean Circulation) 1002 dan Satelit OKEAN.
Untuk Satelit SeaStar merupakan satelit yang dibiayai dan dioperasikan secara komersial oleh perusahaan swasta yaitu Orbital Science Corporation (OSC) yang berkedudukan di Dulles. Dengan terpasangnya peralatan SeaWiFS (Sea Viewing Wide Field of View Sensor) pada Satelit SeaStar, maka satelit ini akan mampu mengukur pertumbuhan dan konsentasi fitoplankton dipermukaan laut. 
Satelit TOPEX-Poseidion yang dikembangkan bersama oleh NASA-JPL USA dan CNES (Centre National d'Etudes Spatiales) Perancis dapat digunakan untuk memetakan topografi lautan dan modelisasi perubahan global sirkulasi dan permukaan laut.
Untuk satelit OKEAN/Rusia dioperasikan untuk memantau temperatur permukaan air laut, kecepatan angin, warna laut, status liputan es, curah hujan dan liputan awan.
Selain ketiga satelit di atas, satelit cuaca NOAA-USA yang membawa sensor AVHRR juga dapat dimanfaatkan untuk membantu eksplorasi sumberdaya laut. Citra satelit yang dihasilkan dapat dianalisis dan diinterpretasikan untuk menentukan nilai dan distribusi suhu permukaan laut pada perairan yang cukup luas secara sinoptik (meliputi seluruh wilayah Indonesia hanya dalam dua lintasan berurutan). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar